G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Bingung cara memasang iklan di wordpress.? Ikuti panduan ini…

Cara memasang iklan di wordpress | Halo agan – agan para kreator konten bagaimana kabarnya.? semoga baik – baik saja ya, memang dimasa pandemi seperti ini terkadang sering sekali situsasi membuat saya agak pusing hehe, tidak pusing tetapi jenuh akan kegiatan sehari – hari yang terbatas ini.

Oke..pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi singkat tetapi semoga saja bermanfaat bagi anda yang sedang menggeluti bidang kreator konten web atau blog.

Informasi yang akan saya bagikan adalah mengenai cara memasang iklan di wordpress, entah itu iklan berupa partner adsense, mgid, atau hanya iklan banner dari pihak ketiga.

Karena mungkin banyak yang belum paham atau mengetahui bagaimana cara memasang iklan di wordpress, maka saya tertarik untuk membuat artikel ini. Dulu sebelum saya menggunakan platform wordpress untuk menyalurkan hobi menulis saya, dimana saat itu yang saya gunakan adalah platform blogger, sempat bingung juga bagaimana cara memasang iklan adsense saat itu, di wordpress ini.

Kalau di blogger kan sudah ada layoutnya untuk penempatan kode iklan, ya di wordpress juga sebenarnya sudah ada juga, tergantung dari theme yang digunakan masing – masing. Akhirnya saya cari – cari informasi yang relevan bagaimana cara memasang iklan di wordpress dan ketemu, ada salah satu situs yang membahas mengenai topik ini.

Ya walaupun sudah ada yang pernah membahas topik ini, saya juga tertarik untuk membahasnya juga haha, ya sekedar untuk menambah – nambah referensi informasi syukur jika bermanfaat nantinya bagi orang lain.

Oke, langsung saja kita masuk kedalam pembahasan ini mengenai cara memasang iklan di wordpress.

Cara memasang iklan di wordpress dengan menggunakan plugin

Nah jika kita menggunakan platform wordpress, untuk bisa memasang kode iklan baik itu partner adsense ataupun yang lainnya, kita bisa menggunakan plugin khusus untuk memasang iklan.

Kenapa saya sarankan untuk menggunakan plugin jika kita ingin memasang kode iklan.? ya karena alasan utamanya adalah kepraktisan penggunannya, kalau paham mengenai coding sih ya tidak apa – apa kita memasukan kode iklan di struktur kode theme kita, kalau tidak paham itu masalahnya hehe.

Nah disini saya menggunakan plugin Ads for WP – Advanced Ads & Adsense Solution for WP & AMP. Nah plugin ini menurut pribadi saya penggunaannya cukup mudah sekali dibandingkan dengan plugin ads inserter yang lainnya. Mungkin karena layout – layoutnya yang simpel jadi penggunaanya mudah.

Cara menggunakannya :

  • Silahkan anda instal terlebih dahulu plugin Ads for WP – Advanced Ads & Adsense Solution for WP & AMP, dengan cara klik Plugin – Tambah baru – dan cari pluginnya lalu klik instal sekarang.
  • Setelah plugin terinstal, silahkan aktifkan plugin, jika plugin sudah aktif silahkan refresh dashboard wordpress anda, lalu klik Ads.
  • Setelah kita mengklik Ads, kita akan masuk ke tampilan utama pugin Ads for WP – Advanced Ads & Adsense Solution for WP & AMP.
  • Untuk memulai memasukan iklan, silahkan klik Add News Ad. Lalu pada Ad type silahkan disesuaikan dengan jenis iklan apa yang akan anda tampilkan, jika adsense silahkan pilih adsense atau bisa juga kita menggunakan kode iklan langsung dengan memilih Custom Code.
  • Tetapi biasanya saya menggunakan yang custom code karena langsung menggunakan kode iklan adsense, jika menggunakan pilihan adsense silahkan disesuaikan saja dengan perintah yang diberikan.
  • Nah yang paling penting disini, karena kita ingin meletakan dan menampilkan iklan di berbagai tempat bisa di awal artikel, bawah judul dll, maka pada bagian display bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda.
  • Jika kita memilih Beetwen the content artinya iklan akan ditampilkan diantara konten, nah untuk settingannya anda bisa menyesuaikan dengan percent of the content ataupun number of paragraph.
  • Tetapi jika anda memilih after the content maka iklan akan tampil setelah / pada akhir konten, sedangkan untuk before the content iklan akan ditampilkan sebelum konten, tinggal disesuaikan saja.
  • Jika setting iklan sudah, langsung saja klik Terbitkan.
  • Untuk memasukan jenis iklan lain, pada bagian ad type masih banyak jenis partner iklan yang bisa anda gunakan.

Penutup

Jadi itulah informasi singkat yang bisa saya berikan pada kesempatan kali ini, anda bisa mencoba – coba dalam menggunakan plugin ini agar lebih paham mengenai peletakan dan penggunaan iklan. Semoga bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan monggo ditanyakan…terimakasih.

G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *