G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Cara mendaftarkan dan mengindex website atau blog pada tools Google Search Console

Dalam membuat sebuah website atau blog tentunya kita harus melakukan suatu tahapan pengindex-an menggunakan tools yang telah disedikan oleh masing – masing mesin pencari. Untuk mempercepat proses pengindex-an website ataupun artikel yang anda buat, anda bisa mendaftarkan website atau blog anda melalui situs https://search.google.com/ dan memulai proses pengindex-an seperti tutor yang telah disediakan.

Artikel yang disukai oleh mesin pencari google ialah, artikel yang mempunyai kriteria seperti berikut ini :

  1. Tidak copas
  2. Panjang artikel lebih dari 500 kata
  3. Bahasa tersusun dengan rapih
  4. Mengikuti dasar – dasar yang ada pada teknik SEO
  5. Isi sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna internet
  6. Membuat artikel yang berkualitas, dan jangan lupakan untuk kuantitas juga
  7. dan masih banyak lagi

Dengan membuat artikel yang mempunyai kualitas baik akan lebih unggul dibandingkan dengan website yang mengedepankan kuantitas artikel ketimbang kualitas artikel. Dengan membuat artikel yang benar – benar berkualitas, akan lebih membuat pembaca / pengunjung website anda mempunyai kualitas atau nilai tersendiri, dengan begitu semakin banyak visitor pada website anda akan membuat mesin pencari merekomendasikan website anda saat ada yang mencari artikel pada sebuah mesin pencari.

Setelah anda membuat artikel yang berkualitas pada website anda, tentunya langkah selanjutnya yang harus anda lakukan ialah melakukan pengindex-an menggunakan tools yang telah disedikan oleh masing – masing mesin pencarian, disini kita akan menggunakan tools index yang telah disediakan oleh google. Tools tersebut bernama Google Search Console yang bisa anda buka pada link berikut search.google.com. Berikut penampakan dari halaman awal google search console..

Lalu apa langkah selanjutnya setelah membuka halaman awal google search console.? Yap langkah selanjutnya mendaftarkan website kita pada google search console, panduan cara mendaftarkan webiste ke google search console sebagai berikut :

Panduan cara mendaftarkan website kedalam google search console :

  • Langkah Pertama : Silahkan anda buka situs search.google.com, setelah itu klik mulai sekarang, dan nanti akan muncul tampilan seperti ini..

Selanjutnya masukan alamat website atau blog anda, pada perintah “masukkan URL”, lalu setelah anda masukan alamat url webiste atau blog anda, silahkan klik “Terus”

Setelah anda mengklik pilihan “Terus” maka akan tampil halaman utama dari google search console, seperti ini. Selanjutnya silahkan pilih dan klik “Buka Properti”

  • Langkah Kedua : Setelah mendaftarkan website atau blog ke google search console, langkah selanjutnya ialah memverifikasi kepemilikan website, dengan cara silahkan klik “Setelan > Verifikasi Kepemilikan > Pilih metode Tag HTML, lalu Copy kode verifikasi yang tersedia. Kode verifikasi tersebut nantinya akan di letakan pada HTML template blog anda.
  • Langkah ketiga : Setelah anda copy kode yang diberikan tadi, selanjutnya silahkan anda buka dasboard blog anda, dan langung menuju > pilih menu Tema >> Edit HTML. Silahkan cari kode <head> dengan cara klik CTRL + F, lalu letakan kode yang telah anda copy tadi dibawah TAG <Head>, lalu klik save. Seperti contoh berikut ini :

Langkah ke empat : Setelah anda meletakan kode tersebut dan telah di save, silahkan anda kembali ke google search console tadi.

Lalu Klik Verifikasi, dan jika berhasil akan tampil halaman / pop up seperti ini :

Sampai disini website atau blog anda telah berhasil di daftarkan, jika anda menggunakan Platfrom WordPress untuk mendaftarkan Website / blog anda silahkan ikuti panduan pada link berikut ini :

Cara Index Website dan Artikel pada Google Search Console

Setelah anda mendaftarkan website atau blog anda pada Google search Console, langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan agar web anda cepat terdeteksi oleh mesin pencari ialah melakukan Submit artikel pada google search console. Berikut cara melakukan peng-indexan url website / blog :

  1. Langkah pertama : silahkan masukan url website atau blog anda pada kolom tersebut, dapat lihat pada foto, lalu klik enter.

Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini, dan klik “MINTA PENGINDEKSAN”, tunggu prosesnya hingga selesai.. selang beberapa menit silahkan cek kembali seperti cara diatas apakah website / artikel anda sudah terindex atau belum. Jika memang sudah terindex akan muncul tampilan seperti ini :

Tapi sebelum anda melakukan peng-indexan, lebih baik terlebih dahulu melakukan Submit Sitemap agar proses Pengindexan lebih cepat berjalan, caranya :

  • Masuk pada menu Google Webmaster Tools pada bagian sebelah kiri silahkan anda pilih “peta situs”
  • Pilih menu Peta Situs > Masukkan sitemap.xml pada kolom Tambahkan peta situs baru. Terakhir klik tombol KIRIM.

Penutup

Begitulah cara mendaftarkan website atau blog di google search console, sesudah anda membuat memang sangat perlu untuk dilakukan proses pengindexan menggunakan tools google search console, walaupun artikel yang tidak dilakukan pengindexan pun akan terindex seiring berjalannya waktu tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama. Sekian dari saya terimakasih.

G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *