G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Cara paling ampuh mengusir Semut di rumah secara alami dan non alami

Semut merupakan hewan yang mempunyai peran sangat penting dalam kelangsungan ekosistem di alam, karena semut mempunyai tugas sebagai hewan pengurai ataupun sebagai predator. Semut yang mempunyai peran sebagai pengurai bahan organik biasanya tidak berbahaya saat menggigit manusia, tetapi jenis semut yang berperan sebagai predator akan memberikan rasa sakit (gatal) saat kita digigit, karena racun yang dihasilkan.

Contoh semut yang mempunyai peran sebagai pengurai bahan organik ialah, semut hitam, semut gula dan lain – lain, sedangkan semut yang berperan sebagai predator ialah semut rang-rang, semut api, semut merah dll. Lalu bagaimana jadinya jika dirumah kita terdapat semut yang tidak di kita harapkan datang tetapi malah datang dan membuat barisan koloni di dalam rumah kita.?

Sebelum masuk ke informasi cara mengusir semut secara alami, mari kita ketahui dahulu penyebab semut masuk ke dalam rumah kita. Semut biasanya masuk ke dalam rumah kita dikarenakan biasanya suhu di dalam rumah kita yang hangat dan lokasinya sesuai untuk semut membuat tempat tinggal, hal lainnya ialah biasanya semut datang / masuk kerumah kita disebabkan karena ada sisa – sisa makanan yang tidak kita bersihkan, akibatnya mengundang semut untuk datang.

Lalu berikut ini akan saya berikan informasi mengenai cara mencegah agar semut tidak memasuki rumah :

  • Usahakan selalu membersihkan sisa – sisa dan tumpahan makanan yang terjatuh di lantai ataupun di meja dapur anda.
  • Usahakan selalu membersihkan sisa – sisa remah – remahan makanan yang berada di sela – sela meja ataupun tempat anda memasakan.
  • Usahakan selalu menyimpan makanan dalam keadaan tertutup rapat, menggunakan toples ataupun plastik yang diikat.
  • Usahakan selalu mengecek kebocoran pipa di dalam rumah terutama di dapur dan di kamar, contohnya seperti tetesan pipa, karena akan menjadi mengundang semut datang ke dalam rumah.
  • Usahakan selalu perhatikan sudut rumah yang menjadi titik masuk semut ke dalam rumah, semut masuk ke dalam rumah dapat melalui retakan dinding, sela – sela jendela, sela – sela pintu dll.
  • Jika anda memelihara hewan peliharaan di dalam rumah, usahakan untuk menjaga kebersihan dari hewan yang anda pelihara, seperti membuang kotoran dengan rutin, membersihkan sisa – sisa makan dll.

Jika anda sudah mengetahui faktor – faktor yang menyebabkan semut masuk ke dalam rumah anda, sebaiknya anda bisa melakukan usaha – usaha yang saya jelaskan diatas untuk mencegah semut masuk ke dalam rumah. Kemudian bagaimana jika semut sudah terlanjur masuk ke dalam rumah kita.? bagaimana cara mengusirnya.? berikut merupakan cara mengusir semut yang ada dirumah secara alami maupun non alami.

Cara mengusir semut secara alami dan non alami

Menggunakan cairan lemon

Cara mengusir semut secara alami yang pertama ialah menggunakan, cairan ekstrak lemon. Semut pada dasarnya tidak menyukai aroma lemon yang sangat menyengat dan asam, maka dari itu ekstrak lemon dapat dimanfaatkan untuk mengusir semut dari rumah kita.

Cara mengusir semut menggunakan lemon ialah, masukan ekstrak lemon ke dalam botol semprot dan semprotkan sisi bagian rumah yang sering dijadikan jalan semut dan tempat yang sering dijadikan semut secara rutin. Selain cairan lemon, anda juga bisa menggunakan cairan buah lainnya yang mempunyai rasa asam dan pahit.

Menggunakan kapur khusus pengusir serangga

Cara mengusir semut yang kedua ialah menggunakan kapur serangga khusus untuk mengusir semut, langkah ini di ambil untuk anda yang ingin semut dirumah anda pergi dengan cepat. Selain itu kapur pengusir serangga tidak hanya untuk mengusir semut, tetapi bisa juga digunakan untuk mengusir kecoa dll.

Cara penggunaannya pun tidak terlalu sulit, cukup anda goreskan kapur pengusir serangga pada lokasi / tempat yang sering dijadikan jalur semut, maka nantinya semut akan pergi dengan sendirinya. Anda bisa menemukan kapur pengusir serangga ini di toko – toko dan supermarket terdekat.

Sejujurnya semut paling mudah diusir dari rumah dengan cara mencari sarang semut tersebut, dan membersihkannya, selain itu cara – cara yang saya sebutkan diatas hanyalah alternatif untuk anda yang sedang mencari cara mengusir semut di rumah.

Yang paling terpenting ialah kita harus menjaga kebersihan rumah, sirkulasi udara yang terjaga, kelembaban yang sesuai, maka semut tidak akan datang ke dalam rumah kita. Mencegah lebih baik dari pada mengusir hehe. Terimakasih.

G. P. Kurniawan Halo saya kurniawan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat mendorong seseorang untuk berpikir secara halus. Dalam blog ini saya akan menulis informasi mengenai topik yang saya sukai, yaitu topik agribisnis secara luas, teknologi, dan ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *