Apa itu backlink dalam website? dan bagaimana cara mendapatkannya.?

Berbicara soal website memang tidak akan ada habisnya, kita akan selalu diberikan update – update terbaru mengenai informasi seputar teknologi khususnya SEO. Ada salah satu point penting dalam membangun sebuah website, selain konten yang berkualitas, kenyamanan pengunjung saat mengunjungi website kita, ada point lain yang namanya “backlink”.

Backlink merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah link masuk yang masuk kedalam sebuah website. Link tersebut dapat berupa link aktif maupun tidak aktif. Mudahnya membedakan mana backlink aktif atau tidak aktif ialah, jika pada backlink aktif contohnya pada sebuah website yang mengutip artikel anda dan menyertakan sumbernya, serta sumber tersebut dapat di klik maka backlink tersebut merupakan backlink aktif (www.blogidn.com). Sedangkan pada backlink tidak aktif ialah mudahnya seseorang yang mengutip artikel anda dan menyertakan sumbernya tidak dapat di klik, contohnya “sumber artikel blogidn.com”.

Jika dihubungkan dengan SEO pada sebuah website backlink merupakan pondasi dasar untuk membangun kredibilitas sebuah website pada sebuah mesin pencari, semakin website tersebut memiliki backlink yang berkualitas maka mesin pencari pun akan memandang website tersebut memilki kredibiltas yang baik pula untuk ditampilkan pada halaman pertama mesin pencari. 5 Backlink berkualitas akan lebih baik dibandingkan 1.000 backlink yang sumbernya bukan situs berkualitas. Karena sudah menyebutkan sumber, maka secara tidak langsung blogger yang mengambil gambar buatan anda tersebut telah memberikan Backlink ke website anda.

Selain itu backlink juga dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu :

  1. Backlink dofollow yang mempunyai arti : Kata dofollow sendiri berasal dari kata berbahasa inggris, dimana tediri dari kata “do” dan “follow” yang mempunyai arti mengikuti, jadi backlink dofollow ialah link yang tertaut dalam suatu postingan / artikel menuju ke situs lain dengan kata lain, website tersebut mengikuti link yang ditautkan dalam artikelnya.
  2. Backlink nofollow mempunyai arti : Kata “no” dan “follow” sendiri jika diartikan mempunyai makna “tidak mengikuti“, artinya setiap link dalam sebuah artikel / website yang mengarah ke website lain (out) tidak akan diikuti oleh penaut link dalam artikel (tidak mengikuti web yang ditautkan tersebut).

Lalu bagaimana caranya mendapatkan backlink dari sumber yang berkualitas ataupun organik.?, berikut ini merupakan informasi yang saya rangkum dari beberapa sumber dan menurut pengalaman pribadi saya juga pada website saya lainnya.

Cara mendapatkan Backlink Berkualitas

1. Proses Organik

Backlink bisa didapatkan melalui proses organik, artinya ada seseorang yang mengunjungi website anda, dan ia menemukan informasi yang relevan / sesuai dengan yang ia butuhkan, kemudian orang tersebut memberikan sumber pada artikel yang ia kutip tersebut, hal itu merupakan proses terjadinya backlink organik. Backlink organik sangat baik di mata mesin pencari, karena memang google panda lebih menyukai website yang memiliki high quality backlink ketimbang high quantity backlink. Dengan organik backlink + high quality backlink membuat website anda memiliki kredibilitas yang baik pada mesin pencari. Hal ini akan membuat artikel yang anda terbitkan memiliki peluang untuk dapat bertengger pada posisi pertama halaman pencarian google. Tentunya untuk mendapatkan backlink yang organik anda harus sanggup membuat artikel yang lengkap dan solutif, pastikan artikel yang anda terbitkan mampu menjawab pertanyaan para pencari informasi, sehingga orang akan puas dengan artikel yang anda buat.

2. Manfaatkan Content Sharing Platform

Content sharing platform seperti Medium, Kompasiana, Hipwee, VIVA Blog, Kaskus, Reddit, dan SlideShare bisa dimanfaatkan untuk menempatkan link website atau blog Anda. Anda bisa menulis artikel baru yang masih berkaitan dengan topik yang Anda bahas lalu letakkan link artikel yang Anda inginkan. Dengan begitu Anda mendapatkan backlink dari content sharing platform tersebut. Meskipun link-nya bersifat nofollow, metode ini tetap layak diterapkan untuk mempromosikan konten blog atau website.

3. Lakukan Guest Post pada website lain

Guest Post adalah kegiatan menulis artikel untuk nantinya diterbitkan pada website orang lain, tentunya dengan adanya guest post ini kita akan mendapatkan imbalan backlink, si pemilik website mendapatkan artikel dan kita mendapatkan imbalan backlink dari website tersebut. Sebelum anda melakukan guest post pada website orang lain, ada baiknya untuk memeriksa terlebih dahulu apakah website yang akan anda jadikan guest post memiliki kredibilitas yang cukup baik dan memiliki trafik tinggi agar backlink yang anda tanam dapat berefek pada wesbite anda.

Jadi itulah bahasan kali ini mengenai apa itu backlink.? dan bagaimana cara mendapatkan backlink pada sebuah website, backlink merupakan teknik lama dalam teknik SEO website, dengan memanfaatkan dan membangun backlink yang berkualitas pada website kita, ini akan mempengaruhi kredibilitas dan kepercayaan mesin pencari pada web kita. Terimakasih !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *