G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

2 Cara mudah menampilkan semua peserta google meet di laptop

cara menampilkan semua peserta di google meet | Halo, kali ini saya akan membahas bagaimana cara menampilkan semua peserta di google meet untuk keperluan dokumentasi atau screenshot.

Mudah banget kok, caranya…tetapi disini saya merekomendasikan untuk menggunakan google meet versi dekstop atau dibuka di laptop, agar proses menampilkan semua peserta bisa terlihat jelas dan ya memang untuk bisa mengambil semua gambar peserta harus menggunakan google meet di laptop.

Oke.. untuk menampilkan semua peserta yang ada di room meeting sebenarnya ada dua cara, yang pertama kita menggunakan fitur bawaan google meet yaitu “Grid View” dan yang kedua kita bisa menggunakan aplikasi tambahan (add on chrome) untuk menampilkan semua anggota yang tergabung dalam rapat google meet.

Nah tetapi ketika kita menggunakan fitur bawaan google meet yaitu grid view, kita terbatas hanya bisa mengambil gambar peserta dengan jumlah 49 orang saja, yang artinya jika ada 200 peserta dalam room meet, maka kita akan mengambil gambar peserta sebanyak 4 kali agar semua peserta bisa masuk ke dalam dokumentasi (kalau ingin di dokumentasi).

Nah tetapi jika menggunakan aplikasi tambahan (add on chrome) kita bisa menampilkan semua peserta tanpa adanya batasan jumlah, nah cara inilah yang paling banyak digunakan untuk menampilkan peserta secara keseluruhan. Oke tidak usah berlama – lama, akan saya berikan langkah – langkah cara menampilkan semua peserta dengan menggunakan fitur grid view bawaan google meet dan menggunakan aplikasi tambahan chrome (add extension on chrome).

Cara menampilkan semua peserta google meeting menggunakan fitur Grid View

1. Silahkan anda bergabung terlebih dahulu pada room meet yang telah berjalan, selanjutnya klik titik 3 di pojok kanan bawah.

2. Selanjutnya pilih “Ubah tata letak” dan pilih “Tata letak Bersusun”. Kemudian anda bisa menggeser nilai pada Ubin dengan kebutuhan anda, nilai pada ubin ini akan menentukan jumlah potongan foto peserta yang tampil di layar laptop anda. Semakin banyak nilainya maka jumlah peserta yang tampil akan lebih banyak (maksimal 49 orang).

3. Selesai, sekarang anda bisa menampilkan anggota yang bergabung dalam room meet sebanyak 49 orang.

Cara menampilkan semua peserta menggunakan aplikasi tambahan (add extension on chrome)

1. Silahkan anda instal terlebih dahulu extension “Google meet grid view” dengan mengikuti panduan berikut ini agar tidak bingung.

2. Caranya, silahkan anda buka aplikasi google chrome, lalu klik link add extension yang telah saya sediakan ini agar lebih cepat… Chrome Web Store – Extensions (google.com)

3. Setelah halaman extension Google meet grid view terbuka, langsung klik “tambahkan ke chrome”.

4. Setelah itu, akan muncul pop up notifikasi seperti dokumentasi yang saya sediakan dibawah ini, dan langsung klik “Add extension” saja. Tunggu hingga proses selesai, setelah itu akan muncul notifikasi lagi di pojok kanan atas.

5. Notifikasi tersebut berisi, pemberitahuan bahwa extension telah berhasil terinstal.

6. Selanjutnya, silahkan menuju kembali ke room meet atau bergabung ke dalam meet, dan setelah anda menginstal add extension Google meet grid view, maka akan muncul tombol grid view di samping participants. Seperti ini dokumentasinya…

Selanjutnya jika ingin mengaktifkan fitur grid dan fitur lainnya yang ada di extension google meet grid view silahkan di centang saja sesuai dengan kebutuhan anda. Selesai… anda sudah bisa melihat semua anggota yang tergabung dalam room meet.

Penutup

Sekian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga membantu anda yang sedang mencari – cari informasi bagaimana ya caranya menampilkan semua peserta pada room meet.? Terimakasih… oiya..tanyakan jika masih ada yang belum jelas pada kolom komentar.

G. P. Kurniawan A young man who is enthusiastic about agriculture, entrepreneurship and a little fond of technology topics

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *